Barbie, Boneka Cantik Berambut Pirang

Barbie merupakan merek boneka fashion yang sangat populer. Boneka ini pertama kali diperkenalkan oleh Mattel, Inc. pada tahun 1959. Dalam perkembangannya, Barbie telah menjadi merek global yang menghadirkan berbagai macam produk dan pengalaman bagi konsumennya.

Beberapa waktu lalu, Barbie untuk pertama kalinya dikemas dalam film Live Action digarap oleh sutradara Greta Gerwig dan di

bintangi oleh banyak artis terkenal, seperti Margot Robbie dan Ryan Gosling.

 

Apa yang ingin dicapai?

Film Barbie kali ini memiliki tujuan untuk mendorong kesadaran merek dan memperkuat posisi Barbie sebagai ikon mode serta membawa Barbie ke tengah-tengah perbincangan mengenai feminisme dan standar kecantikan.

Dengan mengeksplorasi isu-isu feminisme dan menghadirkan narasi yang mencerminkan nilai-nilai keberanian, kebebasan berekspresi, dan kesetaraan, Barbie sebagai merek dan karakter terus relevan dalam menghadapi perubahan sosial dan pandangan masyarakat terhadap perempuan.

 

So, how did the marketing campaign become so popular?

Awalnya, Live Action Barbie ini direncanakan diproduksi pada 2009, kemudian terjadi beberapa masalah, seperti pergantian cast, pergantan studio, hingga pandemi Covid-19.

Untuk mengembalikan hype yang sempat hilang, tim marketing mengeluarkan dana yang sangat besar, yaitu sebesar $150 miliar, sementara biaya produksi keseluruhan film di luar budget marketing adalah sebesar $145 miliar.

 

Strategi yang diterapkan tim marketing Barbie:

  • Barbie Selfie Generator

Memberikan experience secara langsung dengan membuat ulang poster dan tagline dari film Barbie.

  • Promosi Unik

Meningkatkan kesadaran merek dari adanya perilisan film Barbie pada 2023.

 

Strategi yang diterapkan tim marketing Barbie: Kolaborasi dengan Brand

Kolaborasi dengan merek lain yang memiliki basis konsumen yang berbeda dapat membantu Barbie memperluas jangkauan pasar (ekspansi pasar).

 

Hasilnya….

Barbie meraup pendapatan yang fantastis dan berhasil menduduki peringkat kedua film terlaris tahun 2023. Barbie berhasil mengungguli film franchise besar lain, seperti Fast X, Transformers, dan Little Mermaid.

 

Memecahkan Rekor “Sutradara Perempuan”

Greta Gerwig telah mencatat sejarah saat film Barbie meraih pendapatan sebesar US $356 juta pada akhir pekan pembukaannya di seluruh dunia, menjadikannya debut terbesar yang pernah ada bagi film yang disutradarai oleh seorang wanita.

 

 

 

 

 

 

Referensi:

2023 Worldwide Box Office. Box Office Mojo. (n.d.). https://www.boxofficemojo.com/year/world/2023/

McLaren, B. (2023, July 13). Barbie Movie: How the Marketing Campaign Has Got Everyone Talking. BBC News. https://www.bbc.com/news/newsbeat-66184513

Tu, J. (2023, August 7). Greta Gerwig Becomes First Female Director in History to Achieve a $1 Billion Record with Barbie. Women’s Agenda. https://womensagenda.com.au/life/screen/greta-gerwig-becomes-first-female-director-in-history-to-achieve-a-1-billion-record-with-barbie/

 

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.